Sabtu, 07 Desember 2013

Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007



Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 2 dari 63
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI .............................................................................................................................................  2
DAFTAR GAMBAR .................................................................................................................................... 5
BAB I ............................................................................................................................................................ 9
Menggunakan Mail Merge dan Label ........................................................................................................... 9
1.1 Membuat Mail Merge dengan Cara Manual ..................................................................................... 10
a) Tahap Pembuatan Dokumen Master ............................................................................................... 10
b) Tahap Pembuatan DataSource ........................................................................................................ 11
c) Proses Penggabungan (Merge) ....................................................................................................... 12
1.2 Membuat Mail Merge dengan Wizard .............................................................................................. 15
1.3 Mencetak Dokumen Mail Merge ...................................................................................................... 20
a) Edit Individual Documents ............................................................................................................. 21
b) Print Documents ............................................................................................................................. 22
c) Send E-mail Messages .................................................................................................................... 22
1.4 Mail Merge dengan Rule .................................................................................................................. 23
a) If ... Then ... Else… ......................................................................................................................... 23
b) Next Record If… ............................................................................................................................ 24
c) Skip Record If… ............................................................................................................................. 24
1.5 Mengedit Daftar Penerima atau Data Source pada Mail Merge ....................................................... 25
a)  Mengedit Daftar Penerima .......................................................................................................... 25
b) Menambah Daftar Penerima ........................................................................................................... 29
c) Menghapus Daftar Penerima .......................................................................................................... 29
d) Mencari Daftar Penerima................................................................................................................ 29
e) Kostumisasi Kolom ........................................................................................................................ 29
1.6 Membuat dan Mencetak Label .......................................................................................................... 30
LATIHAN ............................................................................................................................................... 33 Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 3 dari 63
BAB II Menggunakan Fasilitas Field ......................................................................................................... 36
2.1 Menambahkan Field Date pada Dokumen ........................................................................................ 37
2.2 Menambahkan Field Time pada Dokumen ....................................................................................... 37
2.3 Memperbaharui Field pada Dokumen ............................................................................................... 38
2.4 Mengubah Field pada Dokumen ....................................................................................................... 38
2.5 Menghapus Field pada Dokumen ..................................................................................................... 39
2.6 Mengunci Field pada Dokumen ........................................................................................................ 39
2.7 Menambahkan Field Fill-in pada Dokumen ..................................................................................... 39
2.8 Menggunakan Field Ask pada Dokumen .......................................................................................... 40
2.9 Menggunakan Field Ref pada Dokumen .......................................................................................... 41
LATIHAN ............................................................................................................................................... 42
BAB III Cetak Dokumen ............................................................................................................................ 43
3.1.Mencetak Dokumen .......................................................................................................................... 43
LATIHAN ............................................................................................................................................... 43
BAB IV References Option ....................................................................................................................... 44
4.1 Table of Contents .............................................................................................................................. 44
4.2 Footnotes ...........................................................................................................................................46
4.3 Citation & Bibliography ................................................................................................................... 47
LATIHAN ............................................................................................................................................... 49
BAB V Menyisipkan Dokumen Ms. Excel dan Ms. Power Point kedalam Dokumen Ms. Word .............. 51
BAB VI Membuat Chart dengan Microsoft Word 2007 ............................................................................. 56
LATIHAN ............................................................................................................................................... 58
BAB VII Menggunakan Hyperlink ............................................................................................................. 60
LATIHAN ............................................................................................................................................... 62
BAB VIII Cara Membuat File PDF Dengan Microsoft Word 2007 ........................................................... 63
8.1 Instalasi add-ins PDF ke Microsoft Word 2007 apabila belum terinstal. ......................................... 63 Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 4 dari 63
8.2 Cara memmbuat file PDF dengan Microsoft Word 2007 ................................................................. 65
LATIHAN ............................................................................................................................................... 66
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................................. 67Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 5 dari 63
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1: Alur Kerja Mail Merge .................................................................................................................
Gambar 2: Tombol office Button dan icon New .............................................................................................
Gambar 3: membuat dokumen baru ................................................................................................................
Gambar 4: Insert table ke dalam dokumen Word ...........................................................................................
Gambar 5: Membuka Dokumen Master ..........................................................................................................
Gambar 6: Membuka Ribbon Bar Mailings ....................................................................................................
Gambar 7: Membuka Icon Select Recipients ..................................................................................................
Gambar 8: Menggunakan Data Source yang sudah dibuatsebelumnya .........................................................
Gambar 9: Kotak Dialog Select Data Source ..................................................................................................
Gambar 10: Memasukkan Data Nama ke Dokumen Master ..........................................................................
Gambar 11: Ilustrasi Penempatan Penerima Surat .........................................................................................
Gambar 12: Memasukkan Data Source Alamat ke DokumenMaster ............................................................
Gambar 13: Menyelesaikan Mail Merge ........................................................................................................
Gambar 14: Dialog Box membuat New Document ........................................................................................
Gambar 15: Memulai Mail Merge dengan Wizard .........................................................................................
Gambar 16: Contoh Mail Merge dengan Wizard ............................................................................................
Gambar 17: Memilih penerima data dari Data Source ....................................................................................
Gambar 18: Membuat daftar penerima surat ..................................................................................................
Gambar 19: Membuat daftar penerima surat baru ..........................................................................................
Gambar 20: Dialog Box New Address List ....................................................................................................
Gambar 21: Dialog Box Customize Address List ...........................................................................................
Gambar 22: Kotak dialog Customize Address List........................................................................................
Gambar 23: Dialog Box New Address List ....................................................................................................
Gambar 24: Memasukkan Data Source ke Main Document  ...........................................................................
Gambar 25: Menggabungkan Data Source dengan Main Document ..............................................................   Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 6 dari 63
Gambar 26: Mencetak surat pada layar komputer ..........................................................................................
Gambar 27: Dialog Box Merge to New Document ........................................................................................
Gambar 28: Ilustrasi Mail Merge ...................................................................................................................
Gambar 29: Mencetak Document ke Printer ...................................................................................................
Gambar 30: Mencetak Document yang dikirimkan ke E-Mail .......................................................................
Gambar 31: Dialog Box Merge to E-mail .......................................................................................................
Gambar 32: Menggunakan fungsi If…Then…Else… ....................................................................................
Gambar 33: Dialog Box Insert Word Field: IF ...............................................................................................
Gambar 34: Menggunakan fungsi Next Record If….. ....................................................................................
Gambar 35: Dialog Box Insert Word Field: Next Record If ...........................................................................
Gambar 36: Menggunakan fungsi Skip Record If… ......................................................................................
Gambar 37: Dialog Box Insert Word Field: Skip Record If ...........................................................................
Gambar 38: Mengedit Recipient List ..............................................................................................................
Gambar 39: Dialog Box Mail Merge Recipient ..............................................................................................
Gambar 40: Dialog Box Edit Data Source ......................................................................................................
Gambar 41: Menyimpan data Reciepient baru ...............................................................................................
Gambar 42: Dialog Box Mail Merge Recipient ..............................................................................................
Gambar 43: Kotak dialog Label ......................................................................................................................
Gambar 44: Contoh pengguna Label ..............................................................................................................
Gambar 45: Kotak dialog New Address List ..................................................................................................
Gambar 46: Kotak dialog New Address List ..................................................................................................
Gambar 47: Contoh tampilan Filed Label .......................................................................................................
Gambar 48: Contoh Label Penerima ...............................................................................................................
Gambar 49: Mencantumkan Field pada dokumen ..........................................................................................
Gambar 50: Kotak dialog Field .......................................................................................................................
Gambar 51: Kotak dialog Field Date ..............................................................................................................   Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 7 dari 63
Gambar 52: Dialog Box Field .........................................................................................................................
Gambar 53: Kotak dialog Field .......................................................................................................................
Gambar 54: Kotak dialog Microsoft Office Word ..........................................................................................
Gambar 55: Kotak dialog Field .......................................................................................................................
Gambar 56: Kotak dialog tampilan Field Ask ................................................................................................
Gambar 57: Kotak dialog Field menggunakan Ref.........................................................................................
Gambar 58: Kotak dialog Print .......................................................................................................................
Gambar 59: Ribbon References ......................................................................................................................
Gambar 60: Icon Table of Contents ................................................................................................................
Gambar 61: Pilihan Table of Content .............................................................................................................
Gambar 62: Insert Table of Content ..............................................................................................................
Gambar 63: Dialog box Table of Content .......................................................................................................
Gambar 64: Icon Insert Footnote ....................................................................................................................
Gambar 65: ribbon References .......................................................................................................................
Gambar 66: Icon Mange Data Source .............................................................................................................
Gambar 67: Source Manager ..........................................................................................................................
Gambar 68: Dialog Box Create Source ...........................................................................................................
Gambar 69: Membuat Data Source .................................................................................................................
Gambar 70: Icon Object untuk menyisipkan dokumen lain ............................................................................
Gambar 71: Dialog Box Object ......................................................................................................................
Gambar 72: Menyisipkan MS. Excel ke Word ...............................................................................................
Gambar 73: Menyisipkan MS. Power Point ke Word.....................................................................................
Gambar 74: Dialog Box Object ......................................................................................................................
Gambar 75: Menyisipkan MS. Excel dan Ms. Power Point ke Word .............................................................
Gambar 76: Menyisipkan grafik .....................................................................................................................
Gambar 77: Dialog Box Insert Chart ..............................................................................................................   Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 8 dari 63
Gambar 78: Menyisipkan grafik dengan data yang dapat diubah ...................................................................
Gambar 79: Mengedit Chart yang sudah dibuat .............................................................................................
Gambar 80: Mengedit Chart yang sudah dibuat .............................................................................................
Gambar 81: Menyisipkan Link ke dalam teks ................................................................................................
Gambar 82: Dialog box Insert Hyperlink .......................................................................................................
Gambar 83: Link ditengah-tengah teks ...........................................................................................................
Gambar 84: Menginstal Add-ins save as PDF ................................................................................................
Gambar 85: Dialog box untuk menginstal add-ins .........................................................................................
Gambar 86: Proses instalation ........................................................................................................................
Gambar 87: Instalasi selesai ............................................................................................................................
Gambar 88: Hasil Instal save as PDF ..............................................................................................................
Gambar 89: Membuat dokumen pada Word ...................................................................................................
Gambar 90: Dialog Box Publish as PDF or XPS ............................................................................................
Gambar 91: Dokumen berbentuk PDF............................................................................................................ Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 9 dari 63
BAB I
Menggunakan Mail Merge dan Label
Mail Merge atau surat massal atau sering juga disebut surat gabung adalah surat yang ditujukan
untuk banyak orang, dimana setiap orang yang dikirimi surat tersebut akan menerimanya dalam keadaan
asli, bukan salinan karena surat tersebut hanya dibuat sekali saja oleh si pengirim. Mail Merge merupakan
salah satu fitur  Microsoft Word  untuk mengirimkan surat kepada beberapa orang sekaligus dari satu
sumber surat. Secara teknis, dibutuhkan 2 (dua) buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi
surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut dikirimkan, kemudian pada proses
pengiriman, kedua file tersebut digabungkan.
Microsoft Word 2007 memiliki Tab Mailings yang di dalamnya terdapat fitur Mail Merge. Dalam
sejarahnya, Mail Merge telah ada pada versi Microsoft Word sebelumnya. Karena masih dianggap sangat
penting, maka Microsoft Word 2007 menyertakannya dalam kelompok Mailings.
Mail Merge berfungsi mengumpulkan data-data orang,  seperti nama, alamat, kota, kode pos, dan lain
sebagainya. Kemudian, data-data itu disimpan dalam  file khusus dan bisa dipakai kapanpun ketika akan
membuat surat.
Mail Merge merupakan suatu solusi jika ingin membuat surat dengan banyak penerima yang
berbeda tapi isi surat tersebut sama, maka tidak harus membuat salinan isi surat tersebut sebanyak
penerima surat dan menambahkan satu-persatu nama penerima dan alamatnya pada bagiannya masingmasing. Ada 2 (dua) hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Mail Merge ini yaitu:
1.  Dokumen Master,  Microsoft Word menyebut ini dengan "Main Document" yaitu dokumen surat
yang akan dikirim ke beberapa penerima sesuai kebutuhan.
2.  Data Source, yaitu suatu file Microsoft Word dalam bentuk table yang berisi informasi untuk
digabung dalam Dokumen Master. Sebagai contoh, daftar nama dan alamat penerima surat serta
informasi-informasi penting lainnya.
Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi Mail Merge berikut: Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 10 dari 63
Gambar 1: Alur Kerja Mail Merge
Dari gambar diatas tampak bahwa penggabungan (merge) Dokumen Master dengan Data Source akan
menyesuaikan dengan jumlah data penerima undangan.
1.1 Membuat Mail Merge dengan Cara Manual
Untuk pembuatan Mail Merge ada 2 (dua) tahap yaitu  tahap pembuatan Dokumen Master dan Data
Source, masing-masing akan dijelaskan sebagai berikut:
a) Tahap Pembuatan Dokumen Master
1) Klik Office Button, kemudian klik New;
Gambar 2: Tombol office Button dan icon New
Office Button
Icon New Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 11 dari 63
2) Pada kotak dialog New Documentpilih Blank document;
Gambar 3: membuat dokumen baru
3) Klik Create;
4) Pada jendela area kerja baru Microsoft Word, ketikkan surat undangan yang akan dibuat;
5) Simpan surat undangan tersebut, untuk mempermudah dalam pengelolaan selanjutnya sebaiknya
disimpan dalam satu folder dengan file data sourcenya.
b) Tahap Pembuatan DataSource
Selanjutnya kita akan membuat File Data penerima surat. Yaitu sebuah file daftar data yang berisi datadata penerima surat dalam bentuk tabel. Berikut iniadalah langkah-langkahnya:
1) Klik Office Button, kemudian klik New;
2) Pada kotak dialog New Documentpilih Blank document;
3) Klik Create;
4) Berikutnya akan muncul lembar kerja baru Word 2007, klik menu  Insert  pilih  Table  kemudian
isikan data penerima undangan. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 12 dari 63
Gambar 4: Insert table ke dalam dokumen Word
5) Tabel tidak diberi judul karena akan menyebabkanadanya kesalahan pada langkah berikutnya;
6) Simpan file data penerima undangan tersebut.
c) Proses Penggabungan (Merge)
Proses penggabungan ini merupakan cara untuk menggabungkan antara Dokumen Master dan Data
Source, sehingga menjadi satu kesatuan Mail Merge yang utuh. Berikut cara penggabungan tersebut:
1) Buka file Dokumen Master yang telah dibuat sebelumnya;
2) Pilih Open, cari lokasi file Dokumen Master kemudian pilih nama file (Dokumen Master) dan klik
Open;
Gambar 5: Membuka Dokumen Master
3) Jika file Dokumen Master sudah terbuka, klik ribbonbar Mailings;
Gambar 6: Membuka Ribbon Bar Mailings Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 13 dari 63
4) Selanjutnya klik menu bar Select Recepients;
Gambar 7: Membuka Icon Select Recipients
5) Pada ribbonbar Mailings, ada beberapa menu bar yang semula tidak aktif menjadi aktif;
6) Klik Select Recipients  Use Exiting List(file data source yang sudah dibuat);
Gambar 8: Menggunakan Data Source yang sudah dibuatsebelumnya
Kemudian akan muncul jendela untuk memilih file Data Source yang sudah dibuat seperti
dibawah ini dan klik Open:
Gambar 9: Kotak Dialog Select Data Source
7) Langkah selanjutnya letakkan kursor (tanda penulisan berkedip berbentuk “|” ) dibelakang kata
“Yth Bp/Ibu/Sdr” pada File;
8) Pada ribbonbar Mailings, klik menu bar Insert Merge Field Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 14 dari 63
Gambar 10: Memasukkan Data Nama ke Dokumen Master
Selanjutnya akan tampil  Fieldyang sesuai dengan tabel yang berada di file Data  penerima
undangan dalam hal ini adalah : Nama, Alamat, dan Email;
9) Klik field Nama. Sebagai ilustrasi perhatikan gambar berikut:
Gambar 11: Ilustrasi Penempatan Penerima Surat
10) Letakkan Kursor (tanda penulisan berkedip berbentuk “|” ) dibelakang kata “Di”. Klik menu
bar Insert Merge Fieldselanjutnya klik field Alamat;
Gambar 12: Memasukkan Data Source Alamat ke DokumenMaster Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 15 dari 63
11) Sampai langkah ini proses penggabungan kedua file sudah selesai, untuk membuktikannya
pada ribbonbar Mailings, klik menu bar Finish & Merge   Edit Individual Document;
Gambar 13: Menyelesaikan Mail Merge
12) Untuk menuju data selanjutnya klik tanda panah  pada menu bar, perhatikan penerima
undangan akan berubah seiring dengan Anda klik panah pada menu bar tersebut
1.2 Membuat Mail Merge dengan Wizard
Pada dasarnya membuat Mail Merge dengan wizard ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yaitu
terdapat 2 (dua) dokumen yang harus dibuat, yaitu dokumen master dan data source.
Pembuatan Mail Merge dengan wizard ini lebih praktis, dan bisa dilakukan lebih cepat. Untuk lebih
jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
1) Klik Office Button, kemudian klik New;
2) Pada kotak dialog New Documentpilih Blank document;
3) Klik Create;
Gambar 14: Dialog Box membuat New Document Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 16 dari 63
4) Pada jendela area kerja baru Micorosft Word 2007, ketikkan surat undangan yang akan dibuat;
5) Pilih  ribbonbar  Mailings, kemudian klik pada menu bar  Start Mail Mergepilih  Step by step
Mail Merge wizard,
Gambar 15: Memulai Mail Merge dengan Wizard
kemudian tampilan Microsoft Word akan tampak seperti gambar berikut;
Gambar 16: Contoh Mail Merge dengan Wizard
6) Pada task pane beri tanda pada radio button  Letters, kemudian klik  starting document
seperti tampak pada gambar;
Sebagai contoh beri tanda pada radio button  Use current document, kemudian klik  Next:
select recepients; Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 17 dari 63
Gambar 17: Memilih penerima data dari Data Source
7) Pada task pane select recepientsini terdapat 3 (tiga) pilihan yaitu:
• Use an existing listuntuk menggunakan list penerima yang sudah ada
• Select from Outlook contactjika penerima diambil dari Outlook
•  Type New Listjika ingin membuat list baru
Gambar 18: Membuat daftar penerima suratBagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 18 dari 63
Sebagai contoh pilih Type new List, kemudian klik create,
Gambar 19: Membuat daftar penerima surat baru
dan muncul kotak dialog New Address List;
Gambar 20: Dialog Box New Address List
8) Pada kotak dialog  New Address Listklik tombol  Customize column,  kemudian muncul
kotak dialog Customize Address List;
Gambar 21: Dialog Box Customize Address List Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 19 dari 63
9) Pada kotak dialog New Address Listterdapat tujuh tombol yaitu:
• Adduntuk menambah daftar penerima
• Deleteuntuk menghapus dari daftar
• Renameuntuk mengganti nama
• Move Upuntuk memindahkan kebagian atas
• Move Downuntuk memindahkan kebagian bawah
10) Pada kotak dialog Customize Address Listtentukan isi atau data form Field Names, contoh
tampak seperti pada gambar berikut;
Gambar 22: Kotak dialog Customize Address List
11) Setelah selesai klik OK;
12) Pada jendela New Address Listpada tampak field-field yang sudah dibuat.
Untuk menambahkan daftar penerima surat klik  New Entry, ketikkan data-data yang sesuai
dengan masing–masing field. Setelah selesai klik  Ok, kemudian muncul jendela  Save
Address List, tentukan dimana lokasi file akan disimpan dan pada file name ketikkan nama
filenya (file data source).
Gambar 23: Dialog Box New Address List Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 20 dari 63
13) Klik Save;
Sebaiknya data source disimpan dalam satu folder dengan dokumen suratnya (dokumen
master), untuk mempermudah pencarian dokumen.
14) Selanjutnya pada kertas kerja  Microsoft Word letakkan kursor dibawah kalimat Kepada Yth,
kemudian klik menu more items, maka akan muncul kotak dialog  Insert Merge Fieldlalu
insertkan tiap-tiap field tersebut ke dalam dokumendengan menekan tombol Insert;
Gambar 24: Memasukkan Data Source ke Main Document
15) Jika merge field sudah dimasukkan, klik Finish & Mergepilih Edit Individual Document
Gambar 25: Menggabungkan Data Source dengan Main Document
16) Pembuatan Mail Merge sudah selesai simpan suratundangan ini dengan klik File   Save As
  Word Document;
Tentukan lokasi penyimpanan dan nama file, sebaiknya dijadikan dalam 1 (satu) folder dengan data
sourcenya.
1.3 Mencetak Dokumen Mail Merge
Untuk mencetak dokumen Mail Merge, gunakan  Ribbonbar  Mailingsklik menu bar sehingga tampil
seperti ilustrasi berikut ini:
Terdapat 3 (tiga) pilihan untuk jenis dokumen apa yang hendakdicetak: Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 21 dari 63
a) Edit Individual Documents
Edit Individual Documents adalah hasil pencetakan menjadi file baru, yang berisi halaman-halaman surat
undangan. Setelah Anda pilih Edit Individual Documents seperti gambar dibawah ini,
Gambar 26: Mencetak surat pada layar komputer
akan tampil kotak dialog Merge to New Document,berikut ini penjelasannya:
Gambar 27: Dialog Box Merge to New Document
• Alluntuk mencetak seluruh data;
• Current recorduntuk mencetak data yang sedang aktif saja;
• From... Tountuk mencetak data nomor tertentu, misal data ke-1 sampai dengan data ke-3;
• Kemudian klik  OK, otomatis akan membuka lembar kerja baru dengan nama  Letters 1pada
Microsoft Word yang berisi undangan yang sudah jadi.
Gambar 28: Ilustrasi Mail Merge Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 22 dari 63
b) Print Documents
Print Document adalah hasil surat akan langsung dicetak ke Printer yang terpasang. Langkahnya sama
persis pada langkah a, bedanya hasilnya langsung dicetak ke Printer.
Gambar 29: Mencetak Document ke Printer
c) Send E-mail Messages
Dari namanya tentu Anda tahu bahwa pencetakan akan  langsung dikirim ke email seseorang, jika Anda
terhubung ke internet tentunya. Setelah Anda pilih Send E-mail Message
Gambar 30: Mencetak Document yang dikirimkan ke E-Mail
akan tampil kotak dialog Merge to E-mail.
Gambar 31: Dialog Box Merge to E-mail
Kemudian Isikan alamat email orang yang dituju, lalu klik OK. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 23 dari 63
1.4 Mail Merge dengan Rule
Ketika menggunakan Mail Merge Microsoft Word, tidakhanya terbatas untuk menggunakan data yang
sebenarnya (data source), Microsoft Word juga mencakup bidang-bidang khusus yang memungkinkan
anda untuk mengontrol dengan menggunakan beberapa kondisi. Kondisi yang dapat digunakan untuk
pengolahan Mail Merge adalah sebagai berikut:
a) If ... Then ... Else…
Field ini digunakan jika ingin melakukan perbandingan antara data lapangan dan nilai, dan kemudian
mengambil beberapa tindakan berdasarkan perbandingan. Untuk memanfaatkan fitur ini berikut langkahlangkahnya:
1)  Pada dokumen Mail Merge klik ribbonbar Mailingspilih Rules  If... Then... Else;
Gambar 32: Menggunakan fungsi If…Then…Else…
2)  Pada kotak dialog Insert Word Field:IFketikkan pada:
•  Field name,  Comparation,  Compare to,  Insert this text,  dan  Otherwise insert this text
(pilihan).
Gambar 33: Dialog Box Insert Word Field: IF
3) Klik OK. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 24 dari 63
b) Next Record If…
Field ini digunakan jika ingin membandingkan isi dari data lapangan ke nilai, dan kemudian beralih ke
halaman berikutnya jika yang dibandingkan adalah benar.
Untuk memanfaatkan fitur ini berikut langkah-langkahnya:
1)  Pada dokumen Mail Merge klik ribbonbar Mailings  Rules  Next Record If;
Gambar 34: Menggunakan fungsi Next Record If…..
2) Pada kotak dialog Insert Word Field:Next record Ifketikkan pada:
• Field name, Comparation, dan Compare to.
Gambar 35: Dialog Box Insert Word Field: Next Record If
3) Klik OK.
c) Skip Record If…
Field ini digunakan jika ingin membandingkan isi data lapangan ke nilai, dan kemudian mengabaikan
data yang sedang direkam jika data yang dibandingkan adalah benar.
Untuk memanfaatkan fitur ini berikut langkah-langkahnya: Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 25 dari 63
1)  Pada dokumen Mail Merge klik ribbonbar Mailings  Rules   Skip Record If…;
Gambar 36: Menggunakan fungsi Skip Record If…
2) Pada kotak dialog Insert Word Field: Next Record If ketikkan pada:
• Field name;
• Comparation;
• Compare to.
Gambar 37: Dialog Box Insert Word Field: Skip Record If
Kemudian klik OK.
1.5 Mengedit Daftar Penerima atau Data Source pada Mail Merge
Daftar penerima pada Mail Merge dapat dikelola dengan mudah, antara lain untuk menambah daftar
penerima, menghapus, mengurutkan, dan lain–lain.
a)  Mengedit Daftar Penerima
1.  Klik icon menu Edit Recepient List. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 26 dari 63
Gambar 38: Mengedit Recipient List
2.  Kemudian pada kotak dialog yang muncul, klik data sourcenya, kemudian klik Edit.
Gambar 39: Dialog Box Mail Merge Recipient Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 27 dari 63
3.  Kemudian klik Heru menjadi Heri.
Gambar 40: Dialog Box Edit Data Source
4.  Kemudian klik tombol New Entry, ketikkanlah data di bawah ini :
Nama  Tgl. Lahir   Alamat   No. Hp   Palatihan
Yang
Diikuti
Uang
Pendaftara
n
Uang
Kursus
Lady 20-10-1982 Jl. Setia
Budi No. 50
Medan
0812337788   Web Master 150.000 1.500.000
Rama 5-6-1984 Jl. Sei
Padang No.
59 Medan
0813708845   Design
Fundamenta
l
150.000 1.500.0   Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 28 dari 63
Gambar 41: Menyimpan data Reciepient baru
5.  Kemudian jika telah selesai klik tombol OK, lihat perubahan datanya.
6.  Kemudian klik OK kembali.
Gambar 42: Dialog Box Mail Merge Recipient Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 29 dari 63
b) Menambah Daftar Penerima
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1) Buka dokumen Mail Merge yang akan ditambah daftar penerimanya klik pada  ribbonbar
Mailings;
2) Pada menu bar Start Mail Merge,klik Edit Recepient List;
3) Pada kotak dialog  Mail Merge recepients form data source, klikdatasource.mdb,
kemudian klik Edit;
4) Untuk melakukan penambahan daftar penerima pada  kotak dialog  Edit Data Source,klik
tombol New Entry.
c) Menghapus Daftar Penerima
Pada kotak dialog  Edit Data Entryletakkan penujuk segitiga pada data yang akan dihapus, kemudian
klik Delete Entry.
d) Mencari Daftar Penerima
1) Pada kotak dialog Edit Data Entry, klik tombol Find…;
2)  Pada kotak dialog  Find Entryketikkan data yang dicari kemudian klikFind Nextuntuk
melanjutkan pencarian.
e) Kostumisasi Kolom
Kostumisasi kolom berguna untuk menambahkan kolom-kolom data dari daftar penerima.
1) Pada kotak dialog Edit Data Source,klik tombil Customize Columns..;
2) Kemudian muncul kotak dialog Microsoft Office Wordyang menyatakan data harus disimpan
terlebih dahulu, klik tombol Yesuntuk menyimpan;
3) Pada kotak dialog  Customize Address List, kostumisasi kolom dapat dilakukan antara lain,
menambah, menghapus, mengubah nama kolom dan lain-lain;
4) Klik OK. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 30 dari 63
1.6 Membuat dan Mencetak Label
Membuat label sesungguhnya tidak berbeda dengan membuat Mail Merge. Label biasanya digunakan
untuk menuliskan nama dan alamat undangan. Untuk membuat label diperlukan 2 (dua) dokumen yaitu
dokumen master dan data sourcenya.
Untuk lebih mudahnya ikuti langkah-langkah berikut:
1) Buka Microsoft Word, kemudian pilih Tab Mailings  Start Mail Merge  Label
2) Kemudian muncul kotak dialog Label Options
3) Klik pada radio button : Page printer
Tray : Default
Label Vendor : Avery US Letter
Product Number :5160
Seperti tampak pada gambar berikut:
Gambar 43: Kotak dialog Label
4) Klik Ok, maka tampilan Microsoft Word Label akan tampak seperti pada gambar berikut:
Gambar 44: Contoh pengguna Label Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 31 dari 63
Untuk jenis ukuran sesuaikan dengan kebutuhan dan kertas label yang digunakan.
5) Pada Tab Mailingsklik Select Recipients  Type New List, seperti tampak pada gambar
berikut :
Gambar 45: Kotak dialog New Address List
6) Pada kotak dialog  New Address Listtentukan data-data apa saja yang akan dicetak,
biasanya: namadan alamat sebagai contoh seperti tampak pada gambar berikut :
Gambar 46: Kotak dialog New Address List
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat kembali pada pokok bahasan Membuat Mail Merge
dengan Wizard.
7) Selanjutnya pada tab Mailingsklik Insert Merge Field Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 32 dari 63
Tentukan field–field yang akan dimasukkan dalam label, contoh perhatikan gambar
berikut:
Gambar 47: Contoh tampilan Filed Label
8) Pada tab Mailingsklik Update Label
9) Selanjutnya pada tab Mailingsklik Finish & Merge  Edit Individualdokument
10) Muncul kotak dialog Merge to New Documentpilih All kemudian klik OK.
Tampilan Microsoft Word akan tampak seperti gambar berikut:
Gambar 48: Contoh Label Penerima Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 33 dari 63
11) Sampai tahap ini pembuatan label sudah selesaidan siap untuk dicetak pada kertas label.
Jangan lupa untuk menyimpan semua dokumen-dokumennya dalam satu folder.
LATIHAN
1.  Buatlah surat undangan beserta labelnya ke beberapapenerima dibawah ini menggunakan Mail
Merge:
a.  Surat Undangan
b.  Daftar Penerima
No Nama KPPN Asal
1
Ramondo Gascaro Jakarta I
2
Reza Dwiputranto Bandung II
3
Aghi Narotama Medan Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 34 dari 63
4
Aprilia Apsari Pangkal Pinang
5
Soleh Solihun Tanjung Pandan
2.  Buatlah Mail Merge dengan menggunkan Mail Merge Wizard daridata dibawah ini:
a.  Data Source
Name  Address City ST ZIP Code   Recipient
Name
Title Company
Name
Street
Address
Jacklyn Jl. Asia 11 Medan 20131 Maria
Angelin
Mrs. PT. CBA Jl. Pulo
Gadung 12
Joko Jl. Barat
Daya 13
Medan 20135 Merlyn Ms. PT. Galang
Jaya
Jl. Pinang
124
b.  Main Document
[Your Name]
[Address]
[City, ST ZIP Code]
August 7, 2008
[Recipient Name]
[Title]
[Company Name]
[Street Address]
Dear [Recipient Name]:
We are all aware of the toll that addiction can take on our community. The halfway house is a project
organized to tackle the problem head-on.
With the help of city service agencies and law enforcement agencies and the cooperation of the
judicial system, certain teenagers are offered a one-time opportunity to participate in this program.
These young men and women are given intensive counseling, job training, and other skill
enhancements needed to become productive citizens. Approximately 85 teenagers each year graduate
from this two-year intensive program.
This year we have expanded our operations, and we need your help. We are inviting you to join our
executive board of directors. The board consists of business professionals such as you, who can assist
us in directing, organizing, and implementing the large fundraising campaign that we must undertake
soon. The executive board meets the first Tuesday of each month, and select committees meet an
additional one or two times a month.
Please join us. The halfway house and the teenagers who live there need you.
Sincerely, Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 35 dari 63
[Your Name]
3.  Buatlah label envelope dengan ukuran  M65 (155 x233 mm),  dengan menggunakan  Mail
Merge. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 36 dari 63
BAB II Menggunakan Fasilitas Field
Fieldpada Microsoft Word  adalah sebuah obyek khusus yang senantiasa dapat kita updateatau
diperbaharui. Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaan Fieldpada Microsoft Word 2007.
1) Pada ribbonbar pilih Insert;
2) Klik ikon Quick Partsgroup Text, kemudian pilih Field;
Gambar 49: Mencantumkan Field pada dokumen
3) Maka akan muncul kotak dialog Field;
4) Sebagai contoh, kita akan membuat dokumen denganmenggunakan Fieldtanggal dan waktu;
5) Bagian Field namesadalah daftar semua Fieldyang bisa kita tambahkan pada dokumen;
6) Bagian Field propertiesadalah pengaturan tambahan untuk Fieldyang kita pilih.
Gambar 50: Kotak dialog Field Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 37 dari 63
2.1 Menambahkan Field Date pada Dokumen
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1) Pilih Date pada Field names;
2) Pada bagian  Field propertiespilih format tanggal yang dibutuhkan, sebagai contoh
Wednesday, August 19, 2009;
3) Klik OK.
Gambar 51: Kotak dialog Field Date
2.2 Menambahkan Field Time pada Dokumen
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1) Pilih Timepada Field names;
2) Pada Field propertiespilih format waktu diinginkan, contoh 08:34:43;
3) Klik OK. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
2.3 Memperbaharui Field pada Dokumen
Perbedaan yang didapatkan apabila kita mengetik tanggal dan waktu tanpa menggunakan fasilitas Field
adalah kita tidak dapat memperbaharui format tanggal dan waktu secara otomatis.
Namun hal yang perlu diingat adalah fasilitas ini tidak
tanggal dan waktu yang diinginkan kita harus melakukan beberapa hal diantaranya adalah sebagai
berikut:
1)  Menutup kemudian membuka kembali dokumen Word yang telah kita Insert dengan fasilitas
Field;
2) Klik pada Fieldyang telah kita buat sebelumnya, kemudian tekan tombol
2.4 Mengubah Field pada Dokumen
Kita dapat merubah Field dengan langkah
1) Klik format tanggal maupun waktu yang telah buatsebelumnya menggunakan fasilitas Field;
2) Klik-kanan pada Field tersebut;
3) Pilih Edit lalu pada kotak dialog
Microsoft Word 2007
Gambar 52: Dialog Box Field
Memperbaharui Field pada Dokumen
Perbedaan yang didapatkan apabila kita mengetik tanggal dan waktu tanpa menggunakan fasilitas Field
adalah kita tidak dapat memperbaharui format tanggal dan waktu secara otomatis.
Namun hal yang perlu diingat adalah fasilitas ini tidak  realtime, sehingga  untuk mendapatkan perubahan
tanggal dan waktu yang diinginkan kita harus melakukan beberapa hal diantaranya adalah sebagai
Menutup kemudian membuka kembali dokumen Word yang telah kita Insert dengan fasilitas
lah kita buat sebelumnya, kemudian tekan tombol F9
Mengubah Field pada Dokumen
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Klik format tanggal maupun waktu yang telah buatsebelumnya menggunakan fasilitas Field;
kanan pada Field tersebut;
lalu pada kotak dialog Field;
Halaman 38 dari 63
Perbedaan yang didapatkan apabila kita mengetik tanggal dan waktu tanpa menggunakan fasilitas Field
untuk mendapatkan perubahan
tanggal dan waktu yang diinginkan kita harus melakukan beberapa hal diantaranya adalah sebagai
Menutup kemudian membuka kembali dokumen Word yang telah kita Insert dengan fasilitas
F9.
1) Klik format tanggal maupun waktu yang telah buatsebelumnya menggunakan fasilitas Field;  Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 39 dari 63
4) Pilih kembali Field nameserta Field propertiesyang diinginkan.
2.5 Menghapus Field pada Dokumen
Untuk menghapus  Fieldpada dokumen, blok format tanggal maupun waktu yang telah kita buat
sebelumnya kemudian tekan tombol Deleteatau Backspace.
2.6 Mengunci Field pada Dokumen
Fasilitas lain dari  Fieldyang dapat kita pergunakan adalah mengunci  Fieldpada dokumen, sehingga
tanggal dan waktu yang tertera pada dokumen tersebut senantiasa tidak akan berubah meskipun telah kita
perbaharui.
1) Untuk mengunci Field, dengan menggunakan tombol shortcut Ctrl + F11;
2)  Untuk membuka fasilitas penguncian Field, dengan menggunakan tombol shortcut  Ctrl +
Shift + F11.
2.7 Menambahkan Field Fill-in pada Dokumen
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1) Klik ribbonbar Insert;
2) Klik ikon Quick Partspada group Text;
3) Pada kotak dialog Fieldpilih Fill-inpada Field name;
4) Pada Field properties, sebagai contoh masukkan “Pesan” di kotak Prompt; Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 40 dari 63
Gambar 53: Kotak dialog Field
5) Pada kotak dialog  Microsoft Office Word, ketikkan pesan contoh ”Menambahkan Field Fillin pada Dokumen”;
6) Klik OK.
Gambar 54: Kotak dialog Microsoft Office Word
2.8 Menggunakan Field Ask pada Dokumen
Untuk menggunakan Field Askpada dokumen, langkah-langkahnya sebagai berikut:
1) Klik ribbonbar Insert;
2) Klik ikon Quick Partspada group Text;
3) Pada kotak dialog Fieldpilih Askpada bagian Field name;
4) Pada Field properties, sebagai contoh masukkan “Pesan” di kotak  Promptdan “Bookmark1”
di kotak Bookmark name; Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 41 dari 63
Gambar 55: Kotak dialog Field
5) Klik OK;
6) Maka akan muncul kotak “Pesan” yang telah dibuatsebelumnya;
7) Silakan masukkan pesan yang ingin dibuat, sebagai contoh kita masukkan pesan
“Menggunakan Field Ask pada Dokumen”;
8) Klik OK.
Gambar 56: Kotak dialog tampilan Field Ask
2.9 Menggunakan Field Ref pada Dokumen
Untuk menggunakan Field Ref pada Dokumen, pilih Refpada bagian Field name kemudian pada bagian
Field properties,pilih “Bookmark1” di kotak Bookmark name. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 42 dari 63
Gambar 57: Kotak dialog Field menggunakan Ref
Kemudian tekan OKuntuk mengakhiri prosesnya.
LATIHAN
Buatlah Field dalam dokumen agar bisa diupdate setiap saat.
a.  Field Date
b.  Field Time
c.  Field Ref
d.  Field Ask
e.  Field Fill-in Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Dokumen Microsoft Word yang telah selesai dibuat dan ingin dicetak (
pengaturannya antara lain: mengenai pemilihan halaman, jumlah halaman yang dicetak, ukuran kertas,
dan masih banyak yang lainnya. Adapun langkah
Adapun langkah-langkah mencetak dokumen sebagai berikut:
1) Klik ikon Office Button, pilih
2) Pada kotak dialog  Print
telah terkoneksi dengan komputer kerja, pengaturan  halaman yang akan tercetak silakan
memilih pada area Page range
atau genap pada  drop down
pada area  Copies  dan untuk pengaturan mencetak beberapa halaman kedalam satu lembar
kertas (Pages per sheet).
3) Klik OK.
Cetaklah dokumen surat undangan pada latihan Bab 1!
Microsoft Word 2007
BAB III Cetak Dokumen
yang telah selesai dibuat dan ingin dicetak (print) dapat dilakukan
pengaturannya antara lain: mengenai pemilihan halaman, jumlah halaman yang dicetak, ukuran kertas,
dan masih banyak yang lainnya. Adapun langkah-langkah berikut ini:
3.1.Mencetak Dokumen
langkah mencetak dokumen sebagai berikut:
, pilih Printatau tekan tombol Ctrl+P pada keyboard;
Gambar 58: Kotak dialog Print
dapat dilakukan pengaturan yaitu, pengaturan pemilihan printer yang
telah terkoneksi dengan komputer kerja, pengaturan  halaman yang akan tercetak silakan
Page range, pengaturan mencetak dokumen berdasarkan penomoranganjil
drop downlist  Print, pengaturan untuk mencetak halaman secara berulang
dan untuk pengaturan mencetak beberapa halaman kedalam satu lembar
).
LATIHAN
Cetaklah dokumen surat undangan pada latihan Bab 1!
Halaman 43 dari 63
) dapat dilakukan
pengaturannya antara lain: mengenai pemilihan halaman, jumlah halaman yang dicetak, ukuran kertas,
pada keyboard;
kukan pengaturan yaitu, pengaturan pemilihan printer yang
telah terkoneksi dengan komputer kerja, pengaturan  halaman yang akan tercetak silakan
, pengaturan mencetak dokumen berdasarkan penomoranganjil
, pengaturan untuk mencetak halaman secara berulang
dan untuk pengaturan mencetak beberapa halaman kedalam satu lembar Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 44 dari 63
BAB IV References Option
Bab IV ini kita membahas tentang References. Ribbon menu Reference terdapat dalam Microsoft
Word 2007 seperti yang terlihat pada gambar dibawahini:
Gambar 59: Ribbon References
4.1 Table of Contents
Table of contentssering disebut dengan daftar isi. Di sini terdapatmenu bar yang digunakan untuk
membuat daftar isi secara otomatis dari sebuah dokumen yang telah kita buat tanpa kita mengetikkan satu
per satu judul bab ataupun judul sub bab. Langkahyaadalah sebagai berikut:
1.  Klik ribbon menu  Referenceskemudian pilih Icon  Table of Contentspada Group menu  Table
of Contents;
Gambar 60: Icon Table of Contents
2.  Maka akan muncul berbagai design Table of Content, kemudian klik design sesuai dengan yang
dikehendaki. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Gambar
3.  Secara otomatis daftar isi telah terisi Judul Bab dan Sub
4.  Jika menghendaki design daftar isi yang tidak terdapat pada tampilan menu, maka
Table of Content
Gambar
Microsoft Word 2007
Gambar 61: Pilihan Table of Content
Secara otomatis daftar isi telah terisi Judul Bab dan Sub-babnya beserta letak halaman.
Jika menghendaki design daftar isi yang tidak terdapat pada tampilan menu, maka
Gambar 62: Insert Table of Content
Halaman 45 dari 63
babnya beserta letak halaman.
Jika menghendaki design daftar isi yang tidak terdapat pada tampilan menu, maka  klik  Insert Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 46 dari 63
5.  Maka akan muncul Dialog Box Table of Content, kemudian atur pilihan-pilihan yang terdapat
pada dialog Box seperti dibawah sesuai dengan kebutuhan yang dikehendaki.
Gambar 63: Dialog box Table of Content
6.  Klik OK.
7.  Maka otomatis daftar isi muncul beserta halaman. Utuk menuju ke Bab atau Sub-bab yang
diinginkan, cukup dengan tekan Ctrl+klik.
4.2 Footnotes
Group menu pada  ribbon  menu  Referencesterdapat Group  Footnotes. Group ini berfungsi untuk
membuat catatan kaki pada teks yang kita buat. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.  Klik ribbonmenu References.
2.  Pilih Icon Insert Footnotes.
Gambar 64: Icon Insert Footnote Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 47 dari 63
3.  Catatan kaki akan otomatis muncul pada bagian bawahhalaman dan teks yang dikehendaki akan
otomatis ternomori.
4.3 Citation & Bibliography
Pada  ribbon  menu  Referencesterdapat Group menu  Citation & Bibliographyyang digunakan
untuk membuat keterangan yang menunjukkan cuplikandan daftar pustaka. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut:
1.  Di Toolbar paling atas, klik "Reference"
Gambar 65: ribbon References
2.  Di bagian "Citations & Bibliography", klik "Manage Sources"
Gambar 66: Icon Mange Data Source
3.  Setelah jendela"Source Manager" terbuka, klik "New", dan masukkan data-data sumber
yang akan kita pakai di dalam tulisan kita. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
4.  Kemudian akan muncul  dialog box
(Author), judul buku (Title
buku (Publisher) yang diambil sebagian dalam teks.
dengan jenis sumber yang kita ambil. Apakah itu buku, jurnal ilmiah, hasil wawancara,
CD, informasi dari internet, dsb.
Gambar
5.  Kita juga dapat memilih bahasa yang akan kita gunakan
atas jendela "Create Source
Microsoft Word 2007
Gambar 67: Source Manager
dialog box  Create Source  untuk menuliskan keterangan penulis
Title), tahun penerbitan (Year), kota diterbitkan (City) dan nama penerbit
) yang diambil sebagian dalam teks.  Data-data yang perlu di
dengan jenis sumber yang kita ambil. Apakah itu buku, jurnal ilmiah, hasil wawancara,
CD, informasi dari internet, dsb.
Gambar 68: Dialog Box Create Source
Kita juga dapat memilih bahasa yang akan kita gunakan dengan mengaturnya di kanan
Create Source"
Halaman 48 dari 63
untuk menuliskan keterangan penulis
) dan nama penerbit
data yang perlu diisi disesuaikan
dengan jenis sumber yang kita ambil. Apakah itu buku, jurnal ilmiah, hasil wawancara,
dengan mengaturnya di kanan Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 49 dari 63
Gambar 69: Membuat Data Source
6.  Setelah kita meng-entryinformasi pustaka yang kita gunakan, data tersebutakan
tersimpan dan dapat kita munculkan dalam bentuk citation atau daftar pustaka
(bibliography).
7.  Klik OK.
8.  Setelah kita memasukkan citation atau bibliography, kita bisa memilih jenis style yang
akan kita pakai.
9.  Simpan dokumen anda dengan klik Icon Save.
LATIHAN
1.  Buatlah daftar pustaka dibawah ini dengan Citation&Bibliography.
Daftar Pustaka
Sapri Sutisna, Pengenalan “Unified Modeling Languange/UML” Bagian I, edisi 28,
www.gematel.com. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 50 dari 63
Adi Nugroho, ST, MMSI, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan
Metodologi Berorientasi Objek, 2002.
Geoffrey Sparks, An Introduction To Modeling Software System Using The Unified
Modeling Languange, www.sparxsystems.co.au, 2000.
onim, Practical UML a Hands-On Introduction For Developers,
www.togethersoft.com.
rtin Fowler, UML Distilled Second Edition A Brief Guide To The Standard Object
Modeling Languange, 2000 Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Menyisipkan Dokumen M
Untuk beberapa kebutuhan pembuatan dokumen surat ataupun dokumen
kadang kita  mengambil data sumber dari dokumen berbentuk selainWord. B
Power Point. Pada Ms. Word Office 2007 ini terdapatfun
Word ke dalam bagian dari teks.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.  Letakkan kursor pada t
2.  Buka ribbon menu
3.  Pilih Icon Object pada g
Gambar 70
4.  Maka akan muncul dialog box
Microsoft Word 2007
BAB V
Ms. Excel dan Ms. Power Point kedalam
Ms. Word
Untuk beberapa kebutuhan pembuatan dokumen surat ataupun dokumen  perkantoran lainnya,
mengambil data sumber dari dokumen berbentuk selainWord. Bisa  berupa Excel maupun
Power Point. Pada Ms. Word Office 2007 ini terdapatfungsi untuk menyisipkan dokumen selain Ms.
langkahnya adalah sebagai berikut:
etakkan kursor pada teks yang akan disisipi dokumen Excel maupun Power Point.
menu Insert.
pada group menu Text.
70: Icon Object untuk menyisipkan dokumen lain
Maka akan muncul dialog box seperti dibawah ini:
Halaman 51 dari 63
ower Point kedalamDokumen
perkantoran lainnya,
berupa Excel maupun
si untuk menyisipkan dokumen selain Ms.
dokumen Excel maupun Power Point.Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
5.  Pilih Create from File
disisipkan.
6.  Klik OK.
Maka akan muncul dokumen yang disisipkan sep
Microsoft Word 2007
Gambar 71: Dialog Box Object
Create from File, klik Browsepada File name. Cari dokumen yang akan
Maka akan muncul dokumen yang disisipkan seperti dibawah ini:
Halaman 52 dari 63
. Cari dokumen yang akan Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Gambar
Jika dokumen berupa Power Point maka akan muncul seperti dibawah ini:
Gambar
Microsoft Word 2007
Gambar 72: Menyisipkan MS. Excel ke Word
Jika dokumen berupa Power Point maka akan muncul seperti dibawah ini:
Gambar 73: Menyisipkan MS. Power Point ke Word
Halaman 53 dari 63 Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
ntuk menampilkan file yang disisipkan cukup dengan
masuk ke lembar kerja Excel maupun Power Point. Pada lembar kerja tersebut, bisa kita edit
dikehendaki.
Fungsi kemudahan lain dari fitur penyisipan dokumenini adalah kita bisa menuju file tersebut
dengan double klik. Langkahnya adalah sebagai berikut:
1.  Buka ribbonmenu Insert pilih
Object, klik Browse dan cari dokumen yang akan disisipkan kemudian
(langkah yang sama dengan sebelumnya).
2.  Check List kotak disamping
3.  Jika menghendaki tampilan dokumen yang di
juga kotak disamping Display
4.  Maka tampilan yang muncul adalah seperti dibawah
Microsoft Word 2007
ntuk menampilkan file yang disisipkan cukup dengan  double klik pada gambar, kemudian akan
masuk ke lembar kerja Excel maupun Power Point. Pada lembar kerja tersebut, bisa kita edit
Fungsi kemudahan lain dari fitur penyisipan dokumenini adalah kita bisa menuju file tersebut
angkahnya adalah sebagai berikut:
pilih Objectpada group menu Text, kemudian muncul dialog box
dan cari dokumen yang akan disisipkan kemudian pilih Create from File
(langkah yang sama dengan sebelumnya).
Check List kotak disamping Link to File.
Gambar 74: Dialog Box Object
hendaki tampilan dokumen yang disisipkan hanya berupa Icon kecil maka check list
Displayas Icon.
muncul adalah seperti dibawahini:
Halaman 54 dari 63
double klik pada gambar, kemudian akan
masuk ke lembar kerja Excel maupun Power Point. Pada lembar kerja tersebut, bisa kita editteks yang
Fungsi kemudahan lain dari fitur penyisipan dokumenini adalah kita bisa menuju file tersebut
, kemudian muncul dialog box
Create from File
n hanya berupa Icon kecil maka check list Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Gambar 75: Menyisipkan MS. Excel dan Ms. Power Point
Dengan mendouble klik pada icon, maka otomatis akantersambung masuk ke dokumen Excel
maupun Power Point asli, dengan kata lain berfungsi juga sebagai
LATIHAN
Sisipkanlah dokumen Microsoft excel ke dalam dokumen word yang sedang anda buat !
kemudian save dengan nama file ‘sisip_dokumen.docx’
Icon yang
sekaligus sebagai
Link ke dokumen
Power Point
Microsoft Word 2007
: Menyisipkan MS. Excel dan Ms. Power Point ke Word
Dengan mendouble klik pada icon, maka otomatis akantersambung masuk ke dokumen Excel
i, dengan kata lain berfungsi juga sebagai Link.
Sisipkanlah dokumen Microsoft excel ke dalam dokumen word yang sedang anda buat !
kemudian save dengan nama file ‘sisip_dokumen.docx’
Icon yang
sekaligus sebagai
Link ke dokumen
Excel
Halaman 55 dari 63
Dengan mendouble klik pada icon, maka otomatis akantersambung masuk ke dokumen Excel
Sisipkanlah dokumen Microsoft excel ke dalam dokumen word yang sedang anda buat !
Icon yang
sekaligus sebagai
Link ke dokumen Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Membuat Chart dengan Microsoft Word 2007
Pada Microsoft Word 2007, kita dapat membuat
langkahnya adalah sebagai berikut:
1.  Buka ribbonmenu Insert, kemudian pil
2.  Maka akan muncul dialog b
Gambar
3.  Pada dialog box Insert Chart
4.  Pilih bentuk grafik yang diinginkan kemudian klik
5.  Maka akan muncul grafik beserta tabel
Microsoft Word 2007
BAB VI
embuat Chart dengan Microsoft Word 2007
Pada Microsoft Word 2007, kita dapat membuat  chartatau grafik secara otomatis. Langkah
, kemudian pilih icon Chart pada group menu Illustrations
Gambar 76: Menyisipkan grafik
akan muncul dialog box seperti di bawah ini:
Gambar 77: Dialog Box Insert Chart
Insert Chartdiatas terdapat banyak pilihan bentuk grafik.
Pilih bentuk grafik yang diinginkan kemudian klik OK.
grafik beserta tabel yang berisikan data grafik pada lembar kerja Ms. Excel.
Icon untuk
menyisipkan
Grafik
Halaman 56 dari 63
cara otomatis. LangkahIllustrations.
pada lembar kerja Ms. Excel.
Icon untuk
menyisipkan
Grafik Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Gambar 78: Menyisipkan grafik dengan data yang dapat diubah
6.  Ubahlah data pada tabel sesuai dengan yang dikehendaki.
7.  Jika ingin mengedit grafik, klik
Gambar
Pada Chart Toolsterdapat 3
•  Design untuk mengubah tampilan g
•  Layoutuntuk menambahkan/
•  Formatuntuk mengubah design
Untuk mengganti tipe grafik
pilih Change Chart Type untuk mengubah design atau pilih
Microsoft Word 2007
: Menyisipkan grafik dengan data yang dapat diubah
sesuai dengan yang dikehendaki.
ingin mengedit grafik, klik ribbonmenu tambahan  Grafik Tools;
Gambar 79: Mengedit Chart yang sudah dibuat
erdapat 3 ribbonmenu:
untuk mengubah tampilan grafik;
menambahkan/mengubah judul dan data;
designtampilan teks.
grafikdapat dilakukan juga dengan klik kanan grafik, kemudian
untuk mengubah design atau pilih Edit Data untuk mengubah table data.
Halaman 57 dari 63
, kemudian
untuk mengubah table data. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 58 dari 63
Gambar 80: Mengedit Chart yang sudah dibuat
LATIHAN
1.  Buatlah dokumen di bawah ini dengan menggunakan fasilitas Chart.
Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto
Selama 5 tahun terakhir Pertumbuhan ekonomi “Medan Baru” memperlihatkan perkembangan yang
semakin membaik kecuali pada tahun 2004 pertumbuhansebesar 5,30 persen masih Iebih randah dari
tahun sebelumnya yang telah mencupai 5,32 persen, Hal ini seirinng dengan lambatnya pertumbuhan
investasi sebesar 3,26 persen padia tahun 2004 dibandingkan pertumbuhan investasi tahun 2003
sebesar 5,48 persen.
PERKEMBANGAN PRODUK REGIONAL DOMESTIK BRUTO PROPIINSI
“MEDAN BARU” TAHUN 2002 - 2004 Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 59 dari 63
Pendorong pcrtumbuhan ekonomi “Medan Baru” secara umum bertumpuh pada sektor swasta,
terutama dipengaruhi oleh naiknya konsumsi masyarakat serta adanya dukungan pembiayaan
perbankan terutama kredit komsumsi yang relatif besar & perkembangan pertumbuhan ekonomi
“Medan Baru” dapat dilihat pada gambar I di bawah ini:
GRAFIK PERTUMBUHAN EKONOMI
MEDAN BARU TAHUN 2000 – 2004 Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Kebanyakan orang menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen sederhana yang
tidak memiliki banyak halaman. Pencarian halaman pada dokumen seperti ini tidaklah terlalu sulit.
Namun, untuk dokumen yang memiliki puluhan bahkan ratusan halaman, proses pen
akan lebih membutuhkan waktu dan ketelitian. Oleh karena itu
pengguna untuk membuat link ke beberapa bagian di dalam Microsoft Word. Sehingga cukup dengan
memilih judul atau subjudul pada daftar isi, Anda akan la
Anda inginkan.
Penghubungan antar bagian atau biasa disebut
dalam memilih bagian dari dokumen tanpa harus menghafal urutan maupun halaman bagian tersebut
berada.
Tidak hanya sebagai penghubung bagian dalam satu dokumen,
digunakan untuk membuka file dokumen atau bahkan file external lainnya. Dengan adanya fungsi
ini,  pengguna dapat memberikan referensi yang mendukung  data di dalam tulisannya de
memberikan link.
Langkah-langkah membuat
1.  Buka ribbonmenu Insert
Gambar
2.  Maka akan muncul dialog
Microsoft Word 2007
BAB VII
Menggunakan Hyperlink
Kebanyakan orang menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen sederhana yang
tidak memiliki banyak halaman. Pencarian halaman pada dokumen seperti ini tidaklah terlalu sulit.
Namun, untuk dokumen yang memiliki puluhan bahkan ratusan halaman, proses pen
akan lebih membutuhkan waktu dan ketelitian. Oleh karena itu  fungsi  Hyperlink
pengguna untuk membuat link ke beberapa bagian di dalam Microsoft Word. Sehingga cukup dengan
memilih judul atau subjudul pada daftar isi, Anda akan langsung dibawa menuju posisi/halaman yang
Penghubungan antar bagian atau biasa disebut  hyperlink  berfungsi untuk membantu kita
dalam memilih bagian dari dokumen tanpa harus menghafal urutan maupun halaman bagian tersebut
Tidak hanya sebagai penghubung bagian dalam satu dokumen,  hyperlink
digunakan untuk membuka file dokumen atau bahkan file external lainnya. Dengan adanya fungsi
pengguna dapat memberikan referensi yang mendukung  data di dalam tulisannya de
langkah membuat Hyperlinkadalah sebagai berikut:
Insertkemudian pilih icon Hyperlink pada group m
Gambar 81: Menyisipkan Link ke dalam teks
dialogboxseperti dibawah ini:
Halaman 60 dari 63
Kebanyakan orang menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen sederhana yang
tidak memiliki banyak halaman. Pencarian halaman pada dokumen seperti ini tidaklah terlalu sulit.
Namun, untuk dokumen yang memiliki puluhan bahkan ratusan halaman, proses pencarian tentu
Hyperlinkakan membantu
pengguna untuk membuat link ke beberapa bagian di dalam Microsoft Word. Sehingga cukup dengan
ngsung dibawa menuju posisi/halaman yang
berfungsi untuk membantu kita
dalam memilih bagian dari dokumen tanpa harus menghafal urutan maupun halaman bagian tersebut
hyperlinkdapat juga
digunakan untuk membuka file dokumen atau bahkan file external lainnya. Dengan adanya fungsi
pengguna dapat memberikan referensi yang mendukung  data di dalam tulisannya dengan cukup
pada group menu Links. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Gambar
3.  Pada kotak pilihan Link to:
Look in:pilih Current Folder
4.  Carilah file yang dikehendaki kemudian klik
5.  Maka akan muncul pada teks dokumen seperti dibawah ini:
Gambar
6.  Untuk menuju file yang terda
Microsoft Word 2007
Gambar 82: Dialog box Insert Hyperlink
Link to:pilih Existing File or Web Page kemudian pada kotak pilihan
Current Folder.
Carilah file yang dikehendaki kemudian klik OK.
Maka akan muncul pada teks dokumen seperti dibawah ini:
Gambar 83: Link ditengah-tengah teks
Untuk menuju file yang terdapat pada link, cukup dengan tekan tombol Ctrl
Halaman 61 dari 63
kemudian pada kotak pilihan
Ctrl+klik. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Buatlah dokumen di bawah ini menggunakan
Microsoft Word 2007
LATIHAN
Buatlah dokumen di bawah ini menggunakan fungsi Hyperlink untuk teks yang berada paling bawah!
Halaman 62 dari 63
fungsi Hyperlink untuk teks yang berada paling bawah!Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Cara Membuat File PDF Dengan Microsoft Word
Kebutuhan administrasi perkantoran seringkali menuntut dokumen yang kita hasilkan
berbentuk file Pdf, pada Microsoft Word 2007
buat ke dalam format Pdf. Akan tetapi, terlebih dahulu kita menginstal Add
yang terpisah dari instalasi basic Ms. Word. Langkah
8.1 Instalasi add-ins PDF ke Microsoft W
1. Download add-ins pdf di
http://download.microsoft.com/download/f/4/b/f4bfd8
0a3db7403d0f/SaveAsPDFandXPS.exe
2.  Install file yang sudah didownload:
Gambar
Caranya:
a.  Cari lokasi tempat menyimpan aplikasi add
933KB.
b.  Klik 2 kali, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
Microsoft Word 2007
BAB VIII
ara Membuat File PDF Dengan Microsoft Word 2007
Kebutuhan administrasi perkantoran seringkali menuntut dokumen yang kita hasilkan
berbentuk file Pdf, pada Microsoft Word 2007 ini ada kemudahan mengkonversi file yang telah kita
buat ke dalam format Pdf. Akan tetapi, terlebih dahulu kita menginstal Add-ins yaitu fitur tambahan
yang terpisah dari instalasi basic Ms. Word. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
ins PDF ke Microsoft Word 2007 apabila belum terinsta
http://download.microsoft.com/download/f/4/b/f4bfd843-a0b6-4031-aa98-0a3db7403d0f/SaveAsPDFandXPS.exe
Install file yang sudah didownload:
Gambar 84: Menginstal Add-ins save as PDF
Cari lokasi tempat menyimpan aplikasi add-ins yang sudah didownload. Besar filenya
Klik 2 kali, maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
Halaman 63 dari 63
2007
Kebutuhan administrasi perkantoran seringkali menuntut dokumen yang kita hasilkan
ini ada kemudahan mengkonversi file yang telah kita
ins yaitu fitur tambahan
langkahnya adalah sebagai berikut:
ord 2007 apabila belum terinstal.
load. Besar filenya sekitar Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 64 dari 63
Gambar 85: Dialog box untuk menginstal add-ins
c.  Isi tanda rumput (V) pada “click here to accept theMicrosoft Software License Terms.”, Klik
tombol “Continue”. Maka proses instalasi akan berjalan.
Gambar 86: Proses instalation
d.  Setelah proses instalasi selesai. Klik tombol “Ok”.
Gambar 87: Instalasi selesai
3.  Buka Microsoft Word 2007, Cek apakah add-ins yang ditambahkan sudah terinstall apa
belum. Pilih menu “Save As”. Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 65 dari 63
Gambar 88: Hasil Instal save as PDF
8.2 Cara memmbuat file PDF dengan Microsoft Word 2007
1.  Buat file Microsoft Word.
Gambar 89: Membuat dokumen pada Word
2.  Simpan dengan memilih menu “Save as”, Klik “PDF or XPS”. Klik tombol “Publish” Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 66 dari 63
Gambar 90: Dialog Box Publish as PDF or XPS
3.  Jika computer yang dipakai sudah terinstall Adobe Reader maka file pdf yang dibuat akan
langsung di tampilkan seperti di bawah ini:
Gambar 91: Dokumen berbentuk PDF
LATIHAN
Buatlah dokumen satu halaman penuh pada Ms. Word kemudian save dengan format PDF! Bagian Pengembangan Pegawai
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Modul Pembelajaran Microsoft Word 2007
Tingkat Lanjut
Halaman 67 dari 63
DAFTAR PUSTAKA
Microsoft Office Word 2007. www.office.microsoft.com
Saepuloh. Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007. http://www.Ilmukomputer.com
Nasirudin, Arrohman.  Pentingnya Page Break dan Section dalam Pembuatan Document Bagian 1
(Microsoft. Word). 2009. http://Black-it.net
Munawaroh Mukibatul, Ade Achmad Zulfahmi. 2007. Microsoft Office Word 2003 versi 1.0.
Jakarta: Pusintek Departemen Keuangan.
Ade Achmad Zulfahmi, Komarudin, Ivan Kusuma Raharja. 2009. Microsoft Office Word 2007 versi
1.0. Jakarta: Pusintek Departemen Keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar